For advise call/text

+62853 8716 5556

Serangga Cantik di Belantara

Nama Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP) akan langsung mengingatkan kita pada hutan rawa gambut dan Orangutan sebagai spesies kuncinya. Sebab Taman Nasional di pedalaman Kalimantan Tengah ini, memang menempatkan Orangutan sebagai Objek Daya Tarik Wisata (ODTW) utama. Tetapi sesungguhnya Taman Nasional itu masih memiliki banyak keanekaragaman hayati lainnya.
Hal yang diperlukan hanyalah mengeksplorasi lagi kawasan dengan lebih teliti. Seperti yang saya temukan saat berkesempatan mengikuti one day field trip. Perjalanan dari Pelabuhan Kumai ke Taman Nasional, ditempuh kurang lebih empat jam menggunakan kelotok. Melalui Sei Sekonyer, kami menyusuri hutan rawa yang berair hitam. Dalam perjalanan melewati beberapa camp reintroduksi Orangutan itulah, kami menemukan fenomena alam yang menarik hati. Yaitu banyaknya serangga cantik berwarna-warni, yang hinggap di daun dan di sekitar shelter yang kami singgahi.
Pada sebuah tepi sungai, di antara seresah dan ranting pohon, hidup bergerombol berbagai jenis kupu-kupu warna warni. Sesekali sayapnya mengepak untuk bergeser tempat, kemudian terdiam seolah sedang menyesap sesuatu dari tanah yang terlihat lembab. Berbekal pendidikan dasar pengamatan less than 5 meters (LT5M) saya merangkak mendekatinya. Mencoba menikmati setiap detail keindahannya.
Sayapnya berwarna-warni dengan pola yang terkadang terlihat rumit. Beberapa diantaranya menunjukan corak warna yang mencolok. Sebagian lainnya hanya berwarna hitam dan putih saja. Tetapi polanya tetap mempesona. Saya perhatikan Selain warna dan pola yang beragam, sayap kupu-kupu diselimuti semacam sisik, tiga pasang kaki dan sejenis belalai dimulutnya. Kepala berantena, dada, perut, dan sayap. Begitu akhirnya saya simpulkan bagian-bagian makhluk indah itu.
Manfaat Kupu-kupu
Kehadiran kupu-kupu dapat digunakan sebagai indikator kualitas lingkungan yang baik. Kupu-kupu juga merupakan pollinator yang ideal dalam membantu penyerbukan tanaman. Pada sistem rantai makanan, tentu kupu-kupu juga mempunyai peran untuk menjaga kestabilannya. Sedangkan nilai estetika dari keindahan warna dan corak kupu-kupu bisa menjadi media pendidikan lingkungan.
Dari hal-hal tersebut kupu-kupu bisa dikembangkan sebagai produk ekonomi wisata kreatif yang ramah lingkungan. Bahkan siklus hidup metamorphosis sempurna kupu-kupu pun dapat dikemas sebagai atraksi wisata khusus.
Pengamatan gratis
Sebagai penutup, saya ingin membagi satu cerita konyol. Terjadi saat saya berkunjung ke Camp Leaky. Sebuah lokasi yang terkenal sebagai lokasi rehabilitasi dan reintroduksi orangutan di Taman Nasional Tanjung Puting.
Saat itu pukul 12.00 dan matahari bersinar begitu terang. Tepat didepan pos jaga dibawah jembatan yang tanahnya kering akibat kemarau, berkumpulah berbagai jenis kupu-kupu. Saya hitung tidak kurang dari lima bentuk. Pola warna dan corak juga berbeda jelas. Kupu-kupu itu sedang mengerumuni bagian tanah yang lebih basah dari bagian tanah lainnya.
Setelah berbasa-basi menyapa seorang petugas jagawana saya pun mulai merayap mendekat. Menerapkan trik LT5M. Sungguh indah makhuk-makhluk berusia pendek itu. Menyesap, bergeser dan sedikit mengepakkan sayap untuk pindah tempat. Tak lama kemudian menyesap lagi, bergeser, mengepakkan sayap, dan begitu terus selanjutnya.
Sepertinya mereka sedang mengambil mineral-mineral dari permukaan tanah yang basah. Jarak saya pun semakin dekat, tetapi mereka sama sekali tidak terganggu. Semakin dekat, semakin jelas saya baui. Sampai akhirnya saya mulai berpikir dalam hati “Bau ini seperti bau urine”.
Tak lama setelah itu, saya mendengar suara seseorang sedang tertawa terbahak-bahak. Menengok ke sumber suara, petugas jagawana tadi terlihat sedang menahan tawa sambil ngeloyor masuk ke dalam pos. Rupanya, ia baru saja membuang hajat urinenya di tempat itu.
Inilah pelajaran yang sangat berharga di hari itu. Jika ingin pengamatan kupu-kupu pilihlah area yang potensial dijumpai adanya kupu-kupu. Terutama area yang agak terbuka. Kemudian mulailah kencing. Tunggu beberapa saat, hingga akhirnya kita dapat memulai pengamatan kupu-kupu gratis. Anda tertarik mencoba?

Leave a Comment

two × one =